PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT ADYAWINSA RUBBER INDUSTRY

Penulis

  • Santi Santi Universitas Utpadaka Swastika
  • Dicky UNIVERSITAS UTPADAKA SWASTIKA

Kata Kunci:

Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional (X1), Budaya Organisasi (X2), Kinerja Kerja (Z) secara parsial dan bersama-sama terhadap Kepuasan Kerja (Y) PT. Adyawinsa Rubber Industry, Kabupaten Tangerang.

Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan mengambil 37 responden dari populasi yang ada sebagai sampel penelitian. Untuk uji peneliti menggunakan analisis statistik dengan program SEM (Structural Equation Modeling) dengan menggunakan Program SmartPLS 3.3.3 for windows.

Dari hasil penelitian diketahui variabel gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan. Tetapi pada variabel mediasi tidak berperan memediasi antara kepuasan kerja ke budaya organisasi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-30

Cara Mengutip

Santi, S., & Triyadi, D. (2024). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT ADYAWINSA RUBBER INDUSTRY. Jurnal Penelitian Manajemen, 2(01 (Maret), 16–25. Diambil dari https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/89