PERAN BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATION, PERCEIVED QUALITY DAN BRAND LOYALTY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.70429/jpema.v2i2.130Kata Kunci:
Brand awareness, Brand association, Perceived Quality, Brand loyalty, , Loyalitas pelangganAbstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh elemen-elemen ekuitas merek (Brand Equity) di Café Roti Bakar 88 terhadap loyalitas pelanggannya. Elemen-elemen ekuitas merek yang di analisis dalam penelitian ini terdiri dari kesadaran merek (Brand Awareness), asosiasi merek (Brand Association), persepsi kualitas (Perceived Quality), dan loyalitas merek (Brand Loyalty).Penelitian ini adalah Asosiatif dengan Metodelogi sample pengunjung roti Bakar 88 dengan pengambilan sample mengunakan random sampling.Variabel yang paling berpengaruh dominan adalah variabel Brand Association dengan koefisien 0,263, lalu diikuti oleh variabel Brand Loyalty dengan koefisien 0,244, dan diikuti juga oleh variabel Perceived Quality dengan koefisien 0,108, dan terakhir adalah variabel Brand Awareness dengan nilai koefisien 0,084.Pengaruh Keempat dimensi ekuitas merek terhadap Loyalitas pelanggan Café Roti Bakar 88. Berdasarkan hasil uji F diperoleh hasil nilai signifikansi lebih kecil dari 0.005 (0,000 < 0,005). Hal ini dapat dikatakan bahwa Ekuitas Merek yang meliputi Brand Awareness (Kesadaran Merek) (X1), Brand Association (Asosiasi Merek) (X2), Perceived Quality (Persepsi Kualitas) (X3), dan Brand Loyalty (Loyalitas Merek) (X4), secara bersama-sama berpengaruh terhadap Loyalitas pelanggan Café Roti Bakar 88 cabang GOR Tangerang.