PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR ANAK USIA 4 – 12 TAHUN GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI KELURAHAN KOANG JAYA

Penulis

  • Roberto Tomahuw Universitas Utpadaka Swastika
  • Santi
  • RR. Prima Dita Hapsari

DOI:

https://doi.org/10.70429/bhaktimas.v1i2.76

Kata Kunci:

Pendidikan, Belajar, Bimbingan Belajar

Abstrak

Bimbingan belajar merupakan salah satu upaya pemecahan masalah secara terbimbing untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Di masa saat ini, kegiatan pembelajaran tidak dapat terlaksana secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan pembelajaran siswa yang tadinya dilakukan secara online di sekolah menjadi pertemuan secara offline ataupun masih ada yang secara hybrid. Walaupun pembelajaran melalui offline atau hybrid para siswa merasa masih kurang efektif karena fenomena siswa khususnya di tingkat sekolah dasar lebih banyak memanfaatkan waktu luangnya dengan bermain dan melakukan aktivitas di luar kegiatan belajar. Hal ini berdampak pada kurang optimalnya proses penyerapan materi dan perkembangan kognitif siswa untuk mampu menerima pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya upaya bimbingan belajar terbimbing untuk memaksimalkan proses kegiatan belajar mengajar siswa yang dilakukan secara mandiri dari rumah.

Unduhan

Diterbitkan

30.01.2024

Cara Mengutip

Tomahuw, R., Santi, S., & Hapsari, R. P. D. (2024). PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR ANAK USIA 4 – 12 TAHUN GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI KELURAHAN KOANG JAYA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.70429/bhaktimas.v1i2.76