RE-DISIGN IDENTITAS VISUAL PRODUK USAHA “KENTANG MUSTAFA DAPOER BUNDA

Penulis

  • Santi Purnama Sari UNIVERSITAS UTPADAKA SWASTIKA
  • Nani Universitas Utpadaka Swastika

Kata Kunci:

UMKM business, visual identity, potato potatafa, Dapoer Bunda

Abstrak

Pesatnya perkembangan zaman saat ini banyak wanita ibu rumah tangga membuka usaha atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang dapat dikelola dari rumah. Selain fleksibilitas waktu kerja, mereka juga tetap bisa menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga serta mampu menyeimbangkan antara tanggung jawab rumah tangga dan pekerjaan. Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini memudahkan para usaha UMKM dalam memasarkan produk-produk yang diproduksi. Era digital saat ini banyak usaha UMKM memikirkan inovasi baru dalam mengembangkan bisnisnya agar lebih menarik dan meningkatkan minat pembeli, salah satunya melalui desain kemasan produk yang dipasarkan. Identitas visual memiliki peran penting dalam usaha UMKM untuk membangung citra usaha yang memudahkan konsumen atau pembeli mengingat brand suatu produk yang mereka minati. Setelah melakukan observasi usaha Kentang Mustafa Dapoer Bunda memiliki kelemahan dalam desain kemasan produk yang tanpak kurang menarik untuk bersaing dengan produk UMKM lainnya. Berdasarkan pada masalah yang telah dipaparkan peneliti akan berfokus pada perancangan ulang (Re-design) identitas visual yaitu bentuk logo dan kemasan terbaru yang lebih menarik sehingga mampu bersaing dipasaran. Pada proses re-design kemasan produk ini, peniliti menggunakan lima proses tahapan Orientation, Analysis, Conception, Design dan Implementation. melalui tahapan proses perancangan ini maka terciptalah sebuah desain kemasan baru yang lebih menarik dan kekinian sehingga mampu bersaing di dunia pasar.

Unduhan

Diterbitkan

08/31/2024

Cara Mengutip

Purnama Sari, S., & Dian Sari, N. (2024). RE-DISIGN IDENTITAS VISUAL PRODUK USAHA “KENTANG MUSTAFA DAPOER BUNDA. CREATIVA SCIENTIA, 1(02 (Agustus), 62–77. Diambil dari https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/129

Terbitan

Bagian

OnlineSubmission