Analisis Desain Konten Visual Terhadap Performa Instagram Universitas Utpadaka Swastika @utpas.ac.id
DOI:
https://doi.org/10.70429/creativascientia.v1i2.127Kata Kunci:
Media Sosial, Instagram, UTPAS (Universitas Utpadaka Swastika), Konten VisualAbstrak
Instagram merupakan salah satu media sosial adalah yang saat ini banyak digunakan di dunia, khususnya di Indonesia. Menurut laporan yang diterbitkan oleh We Are Social dan Hootsuite pada Januari 2024 jumlah pengunjung Instagram di Indonesia mencapai 222 miliar menjadi negara dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak ke-4 di dunia yakni sebanyak 85,3% dari jumlah populasi penduduk Indonesia. Penelitian ini berfokus pada Instagram Universitas Utpadaka Swastika, dengan nama akun (@utpas.ac.id) untuk mengetahui elemen yang digunakan dalam konten visual yaitu tipografi, ilustrasi/ fotografi/videografi, warna, layout, dan logo. Diketahui konten visual yang ada di Instagram @utpas.ac.id bulan Maret 2023 - Juli 2024 konten momentum lebih menarik perhatian dari followers dikrenakan jumlah likes dan comments lebih banyak diobanding kategori konten lainnya.