Jurnal Penelitian Manajemen https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema <p>Jurnal Penelitian Manajemen (JPEMA) merupakan wadah bagi dosen prodi manajemen dalam menulis karya Ilmiah di bidang manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan. Artikel yang berhak diterbitkan harus melalui review 1 dan 2 dengan similarity index maksimal 20%.</p> id-ID Mon, 31 Mar 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI DEPARTEMEN GOLF COURSE MAINTENANCE TANGERANG https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/157 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variable pelatihan (x1) dan pengembangan karir (x2) terhadap kinerja karyawan golf course maintenance modern golf country club Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan menganalisis hubungan antara variable indenpenden dengan variable dependen, metode alat ukur yang digunakan adalah menggunakan skala likert dengan mengambil 79 responden dari populasi yang ada sebagai sampel penelitian. Untuk analisis data, peneliti menggunakan analisis statistic dengan program smartPLS 4. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel pelatihan (x1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja karyawan (y) dengan hasil koefisien jalur, yaitu sebesar 0.432 atau 43,2% dan nilai P-Values 0.05 lebih kecil dari 0.000. Variabel pengembangan karir (x2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel kinerja karyawan (y) dengan hasil nilai koefisien jalur, yaitu sebesar 0.357 atau 35.7% dan nilai P-Values sebesar 0.001 lebih kecil dari 0.05. Dan nilai R-square sebesar 0571 atau 57.1% menjelaskan bahwa kinerja karyawan dipengaruhi oleh variabel pelatihan dan variabel pengembangan karir secara Bersama-sama. Sedangkan sisanya sebesar 42.9% dipengaruhi oleh variabel lain. </p> Hesti Umiyati, Gono Sutrisno, Karen (Penulis) Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Penelitian Manajemen https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/157 Mon, 31 Mar 2025 00:00:00 +0000 MENGELOLA ADMINISTRASI JURNAL UMUM DENGAN MS. EXCEL https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/161 <p>Pekerjaan mengelola administrasi jurnal secara manual akan terasa sulit jika volume transaksi banyak. Dalam mengelola administrasi jurnal pekerjaan yang dilakukan mulai mendisain kode akun dan buku jurnal. Dengan bantuan aplikasi excel, membuat kode akun akan lebih mudah. Kode akun dapat dibuat dengan pendekatan kode kelompok sehingga dihasilkan daftar kode akun yang fleksibel, artinya jika dibutuhkan akun baru sangat mudah dilakukan penambahannya. Kode akun tadi akan menjadi dasar dan referensi ketika mengentri data jurnal. Entri data jurnal sangat mudah dilakukan dengan memanfaatkan fungsi VLOOKUP() sehingga kesalahan mengentri kode akun dapat diperkecil. Pengisian data akuntansi kedalam jurnal juga sagat mudah dilakukan dengan bantuan layar isian atau Form yang tersedia dalam excel. Form excel ini menyediakan fasilitas New, Find Prev, Find Next, Form, Delete, dan Close. Adanya fasilitas ini akan sangat mempermudah dalam entri data dengan megklik tombol-tombol tersebut.</p> Amir Hamzah (Penulis) Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Penelitian Manajemen https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/161 Mon, 31 Mar 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA COFFEE MUST BREAK TANGERANG https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/121 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada must break coffee kota Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan alat ukur skala likert, serta menggunakan purposive sampling dengan total sampel sebanyak 83 responden. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Pengujian hipotesis secara statistik menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggandengan p-value 0.000, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan p-value 0.003, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan p-value 0.000</p> Richard, Susan Christiani (Penulis) Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Penelitian Manajemen https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/121 Mon, 31 Mar 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH BRAND IMAGE, PERILAKU KONSUMEN, DAN MANAJEMEN MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM INDUSTRI FASHION https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/171 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>brand image, </em>perilaku konsumen, dan manajemen merek terhadap loyalitas pelanggan dalam industri fashion. Di era persaingan yang semakin ketat, <em>brand image</em> menjadi faktor krusial yang dapat menentukan keberlanjutan suatu merek dalam industri fashion. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden yang merupakan konsumen aktif produk fashion. Data dianalisis menggunakan metode analisis regresi linear dan <em>structural equation modeling</em> (SEM).</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara B<em>rand image</em> terhadap loyalitas pelanggan memiliki hubungan yang positif yaitu sebesar 0.316; <em>T-Statistik</em> 3.732 &lt; 1.96; dan <em>P Value</em> 0.000 &gt; 0.5, Perilaku konsumen terhadap loyalitas pelanggan memiliki hubungan yang positif yaitu sebesar 0.256; <em>T-Statistik</em> 4.103 &lt; 1.96; dan <em>P Value</em> 0.000 &gt; 0.5.</p> <p>Dan manajemen merek terhadap loyalitas pelanggan memiliki hubungan yang positif yaitu sebesar 0.392; <em>T-Statistik</em> 4.345 &lt; 1.96; dan <em>P Value</em> 0.000 &gt; 0.5. Temuan ini mengimplikasikan bahwa perusahaan fashion perlu memfokuskan strategi pemasaran mereka pada penguatan identitas merek yang unik dan konsisten untuk membangun loyalitas pelanggan jangka panjang</p> Arvadi Hutagalung, Suasana Hisanty Tobing, Santi (Penulis) Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Penelitian Manajemen https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/171 Mon, 31 Mar 2025 00:00:00 +0000 ANALISIS IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN STARBUCKS DI KOTA TANGERANG https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/172 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Customer Relationship Management (CRM) dalam meningkatkan loyalitas pelanggan Starbucks. CRM merupakan strategi bisnis yang digunakan untuk membangun, memelihara, dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan melalui pendekatan yang sistematis. Implementasi CRM di Starbucks dilakukan melalui berbagai program, seperti Starbucks Card dan Starbucks Reward Loyalty Program, yang mencakup elemen-elemen utama seperti Customer Selection, Customer Acquisition, Customer Retention, dan Customer Extension. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 145 responden yang merupakan pelanggan Starbucks di Kota Tangerang. Data dianalisis menggunakan metode analisis regresi linear dan structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program CRM di Starbucks, seperti pemberian Birthday Treats, Mobile Order, dan promosi berbasis loyalitas lainnya, berhasil meningkatkan retensi pelanggan serta memberikan nilai tambah bagi pengalaman konsumen. Selain itu, komunikasi interpersonal antara barista dan pelanggan juga memainkan peran penting dalam membangun hubungan yang baik dan mempertahankan loyalitas pelanggan.</p> Santi Santi, Roberto Tomahuw (Penulis) Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Penelitian Manajemen https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/172 Mon, 31 Mar 2025 00:00:00 +0000