https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/issue/feedJurnal Penelitian Manajemen2024-10-31T08:51:42+00:00Open Journal Systems<p>Jurnal Penelitian Manajemen (JPEMA) merupakan wadah bagi dosen prodi manajemen dalam menulis karya Ilmiah di bidang manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan. Artikel yang berhak diterbitkan harus melalui review 1 dan 2 dengan similarity index maksimal 20%.</p>https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/125DETERMINAN YIELD OBLIGASI (STUDI PADA OBLIGASI PEMERINTAH INDONESIA)2024-09-26T03:05:31+00:00Fanny Dwi Maulidyafannydwimaulidya@gmail.comRachmat Sudarsonorachmat.sudarsono@unpad.ac.idLayyinaturrobaniyahlayyinaturrobaniyah@unpad.ac.id<p>Obligasi pemerintah merupakan aset yang dijamin oleh Undang-Undang yang memberikan pendapatan tetap berupa kupon serta potensi <em>capital gain </em>bagi para pemiliknya. Tingkat pengembalian yang biasa dijadikan tolok ukur dalam memilih obligasi adalah <em>current yield</em> yaitu perbandingan antara kupon dan harga pasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penentu perubahan <em>yield </em>agar investor berhati-hati dalam memilih obligasi jika ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel. Dalam penelitian ini, terlihat bahwa suku bunga BI, inflasi, kurs rupiah, dan kepemilikan investasi asing menjadi salah satu penyebab perubahan <em>yield.</em></p>2024-10-31T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Penelitian Manajemenhttps://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/130PERAN BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATION, PERCEIVED QUALITY DAN BRAND LOYALTY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN2024-09-26T02:17:12+00:00Wisnu Hidayatwisnu.hidayat@gamil.comLindawati Widjayalinda.lepisi@gmail.comGono Sutrisnogonosutrisno73@gmail.com<p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh elemen-elemen ekuitas merek (<em>Brand Equity</em>) di Café Roti Bakar 88 terhadap loyalitas pelanggannya. Elemen-elemen ekuitas merek yang di analisis dalam penelitian ini terdiri dari kesadaran merek (<em>Brand Awareness</em>), asosiasi merek (<em>Brand Association</em>), persepsi kualitas (<em>Perceived Quality</em>), dan loyalitas merek (<em>Brand Loyalty</em>).Penelitian ini adalah Asosiatif dengan<em> Metodelogi sample pengunjung roti Bakar 88 dengan pengambilan sample mengunakan random sampling</em>.Variabel yang paling berpengaruh dominan adalah variabel <em>Brand Association</em> dengan koefisien 0,263, lalu diikuti oleh variabel <em>Brand Loyalty </em>dengan koefisien 0,244, dan diikuti juga oleh variabel <em>Perceived Quality</em> dengan koefisien 0,108, dan terakhir adalah variabel <em>Brand Awareness </em>dengan nilai koefisien 0,084.Pengaruh Keempat dimensi ekuitas merek terhadap Loyalitas pelanggan Café Roti Bakar 88. Berdasarkan hasil uji F diperoleh hasil nilai signifikansi lebih kecil dari 0.005 (0,000 < 0,005). Hal ini dapat dikatakan bahwa Ekuitas Merek yang meliputi<em> Brand A</em><em>wareness </em>(Kesadaran Merek) (X1), <em>Brand Association</em> (Asosiasi Merek) (X2), <em>Perceived Quality</em> (Persepsi Kualitas) (X3), dan <em>Brand Loyalty</em> (Loyalitas Merek) (X4), secara bersama-sama berpengaruh terhadap Loyalitas pelanggan Café Roti Bakar 88 cabang GOR Tangerang.</p>2024-10-31T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Penelitian Manajemenhttps://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/136PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. CROWN PRATAMA, JAKARTA BARAT 2024-10-07T07:59:53+00:00Natasya Dwi Lestarinatasyadwlstr@gmail.comYuli Heriantoherianto.id@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa<br />besar pengaruh variabel Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja,<br />secara parsial dan bersama-sama terhadap kinerja Karyawan pada PT. Crown Pratama.. Metode yang digunakan adalah metode kombinasi dan menganalisis hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, alat ukur metode yang digunakan yaitu menggunakan skala likert dengan mengambil 60 responden dari populasi yang ada sebagai sampel penelitian. Untuk uji regresi peneliti menggunakan analisis statistik dengan program SmartPLS 3.0 for windows.Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan baik itu secara sendiri maupun bersama sama.</p>2024-10-31T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Penelitian Manajemenhttps://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/109PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI TOKO FANATTIC HIGH2024-09-26T04:05:43+00:00Tabitha Audia Oktaviani Liandoaudiatabitha@gmail.comHesti Umiyatihestiumiyati@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, harga terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen pada Toko Fanatitc High, Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan alat ukur skala likert, dengan teknik pengambilan sampel insidental (incidental sampling, siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, sebanyak 70 orang costumer). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hipotesis yang diajukan diuji secara statistik dengan menggunakan program Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan<br />berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen karena nilai original sample sebesar 0,463 dan Pvalues sebesar 0,003, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen karena nilai original<br />sample sebesar 0,426 dan P-values sebesar 0,006, kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen karena secara statistik menunjukkan hasil R-Square sebesar 0,708</p>2024-10-31T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Penelitian Manajemenhttps://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/137PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS UTPADAKA SWASTIKA2024-09-26T03:03:12+00:00Santisanti@utpas.ac.idRoberto Tomahuwrobertotomahuw@utpas.ac.idArvadi Hutagalungarvadi.hutagalung@utpas.ac.idSuasana Hisanti Tobingannatobing70@gmail.com<p>Topik ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kualitas pelayanan dan fasilitas yang disediakan oleh perguruan tinggi swasta di Indonesia terhadap tingkat kepuasan mahasiswa. Dalam konteks pendidikan tinggi yang semakin kompetitif, pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa menjadi sangat penting, baik untuk pengembangan institusi pendidikan itu sendiri maupun untuk meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pengumpulan data melalui survei kepada mahasiswa sebagai responden yang mewakili populasi mahasiswa sebanyak 54 mahasiswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknis statistik dengan mengunakan aplikasi SmartPLS versi 3 untuk mengidentifikasi pengaruh antara kualitas pelayanan dan sarpras terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Utpadaka Swastika Tangerang. Hasil penelitian menunjukan Kualitas pelayanan terhadap kepuasna mahasiswa memiliki hubungan yang positif yaitu sebesar 0,534; <em>T-Statistik</em> 3,530 < 1,96; dan <em>P-Value</em> 0,000 > 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Sarana prasarana terhadap kepuasan mahasiswa memiliki hubungan yang positif yaitu sebesar 0,385; <em>T-Statistik</em> 2.649 > 1,96; dan <em>P-Value</em> 0,008<0,05. Maka dapat dikatakan bahwa sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Kualitas pelayanan dan sarana prasarana berpengaruh kuat terhadap variabel kepuasan mahasiswa yaitu sebesar 0,788.</p>2024-10-31T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Penelitian Manajemen