CREATIVA SCIENTIA https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia <p>Jurnal karya tulis, kreatif, inovatif, eksperimental, rancangan, dan analisis karya yang lebih mengutamakan semangat kejujuran dalam membuat menulis.</p> id-ID Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Kontekstual pada Branding Produk Kewirausahaan(Fashion) Siswa SMA Negeri 1 Padang Panjang https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/123 <p>Wirausaha atau di kenal juga dengan istilah enterpreneur, merupakan suatu profesi yang menjanjikan. Pemerintah sangat mendukung pembentukan pelaku usaha ini. Berbagai program dilaksanakan agar terbentuknya wirausaha yang berkualitas dan dapat &nbsp;tumbuh di Indonesia. Hal ini juga menjadi upaya pemerintah dalam mengembangkan bakat masyarakat dan menekan angka pengangguran. Program kewirausahaan masuk sekolah, menjadi suatu langkah awal membangun impian tersebut. Melalui program ini siswa diajarkan untuk membangun usaha dari bangku sekolah dengan mengembangkan produk lokal dan mengangkat kearifan lokal daerah setempat, guna meningkatkan kecintaan Siswa pada budaya daerah. Mengembangkan Produk di era digital merupakan suatu tantangan tersendiri yang mesti ditaklukan. Siswa dituntut untuk mampu mengaplikasikan perangkat digital dalam proses pembuatan produk. Siswa juga diajarkan agar dapat melakukan branding produk. Branding produk dilakukan dengan memanfaatkan komunikasi visual yang efektif, &nbsp;menekankan pada penggunaan perangkat lunak untuk mendesain dan flatform digital untuk mempromosikan produk. Sumatera Barat merupakan destinasi wisata yang cukup populer di Indonesia. Destinasi ini akan menarik banyak pengunjung dan pelancong yang akan menghabiskan liburannya di Sumatra barat. &nbsp;Hal ini menjadi peluang bagi Siswa SMA Negeri 1 Padang Panjang, mengangkat suatu produk fashion yang berangkat dari budaya Minangkabau dan Mentawai . Dengan mengusung konsep eco-friendly dan bekerja sama dengan UMKM Lokal. Menghasilkan produk kolaborasi yang Fashionable dengan tetap mempertahankan konsep budaya lokal. Harapannya agar produk dapat bersaing di dalam dan luar negeri.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci: Produk, Kewirausahaan, Branding.</p> Rezi Ilfi rahmi, Sulaiman Juned Hak Cipta (c) 2024 CREATIVA SCIENTIA https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/123 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000 Perancangan Buku Infografis Rumah Adat Batak Toba Sebagai Upaya Pelestarian Ragam Hias https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/120 <p><em>Samosir is an island located in the middle of Lake Toba, North Sumatra Province. The tribe that inhabits this island is the Toba Batak tribe. One of its cultures is the traditional house and is a cultural wealth that should be preserved. Simanindo Village is one of the villages that still maintains the Toba Batak Traditional House. However, as time goes by and the location is far away, many young people do not know and understand about the Toba Batak traditional house. The preservation of Toba Batak culture can be threatened if the younger generation lacks knowledge about traditional houses. The purpose of this design is to create an infographic book that contains information about the Toba Batak Traditional House and its decorations that can collaborate with the local Tourism Office and Museum. This design uses the design thinking method and data analysis using SWOT.&nbsp; The final result of this design is an infographic book and supporting works in the form of tote bags and key chains.</em></p> Sri Nanda Adiski, Muhammad Ghifari, Aji Sofiana Putri Hak Cipta (c) 2024 CREATIVA SCIENTIA https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/120 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000 Kajian Estetika Pada Desain Kemasan Kopi Bubuk Asli Nur Cahya Since 1943 https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/126 <p>Kopi Nur Kerinci merupakan pelopor produk kopi yang diproduksi secara langsung di Kerinci, mulai dari penanaman bibit biji kopi dilakukan oleh petani lokal hingga proses produksi dan pengolahan dilakukan di Kerinci. Kemasan merupakan perantara yang menghubungkan antara produsen dengan konsumen. Kehadiran elemen visual yang merupakan area terdepan kemasan dikhususkan menempatkan identitas merek dan elemen visual, disusun dengan prinsip desain estetika agar mampu mencapai tujuan komunikasi produk (komunikator) dengan komunikan (konsumen) melalui desain kemasan yang estetis dari setiap elemen visual yang mendasarinya akan menampilkan susuan yang memiliki nilai estetika dari tangan desainer sehingga menarik untuk dilihat dan dipandang. Estetika menurut Djelantik semua benda ataupun peristiwa kesenian mengandung tiga aspek yang mendasar yaitu yang pertama berupa Wujud atau Rupa (Appearance), yang kedua adalah Bobot atau Isi (Content, Substance), dan yang ketiga adalah Penampilan atau Penyajian (Presentation). Penelitian ini tetap didasari dengan melakukan pendekatan dari kualitatif yakni bagaimana proses pengumpulan data dari deskripsi desain kemasan, melakukan analisa data Analisis formal, yaitu Pengumpulan data melalui wawancara bersama informan.</p> Repi Justian Hak Cipta (c) 2024 CREATIVA SCIENTIA https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/126 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000 Analisis Desain Konten Visual Terhadap Performa Instagram Universitas Utpadaka Swastika @utpas.ac.id https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/127 <div> <p class="p1">Instagram merupakan salah satu media sosial adalah yang saat ini banyak digunakan di dunia, khususnya di Indonesia. Menurut laporan yang diterbitkan oleh We Are Social dan Hootsuite pada Januari 2024 jumlah pengunjung Instagram di Indonesia mencapai 222 miliar menjadi negara dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak ke-4 di dunia yakni sebanyak 85,3% dari jumlah populasi penduduk Indonesia. Penelitian ini berfokus pada Instagram Universitas Utpadaka Swastika, dengan nama akun (@utpas.ac.id) untuk mengetahui elemen yang digunakan dalam konten visual&nbsp;yaitu tipografi, ilustrasi/ fotografi/videografi, warna, layout, dan logo. Diketahui konten visual yang ada di Instagram @utpas.ac.id bulan Maret 2023 - Juli 2024 konten momentum lebih menarik perhatian dari <em>followers</em> dikrenakan jumlah l<em>ikes</em> dan <em>comments</em> lebih banyak diobanding kategori konten lainnya.</p> </div> Fani Puspitasari Hak Cipta (c) 2024 CREATIVA SCIENTIA https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/127 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000 RE-DISIGN IDENTITAS VISUAL PRODUK USAHA “KENTANG MUSTAFA DAPOER BUNDA https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/129 <p>Pesatnya perkembangan zaman saat ini banyak wanita ibu rumah tangga membuka usaha atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang dapat dikelola dari rumah. Selain fleksibilitas waktu kerja, mereka juga tetap bisa menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga serta mampu menyeimbangkan antara tanggung jawab rumah tangga dan pekerjaan. Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini memudahkan para usaha UMKM dalam memasarkan produk-produk yang diproduksi. Era digital saat ini banyak usaha UMKM memikirkan inovasi baru dalam mengembangkan bisnisnya agar lebih menarik dan meningkatkan minat pembeli, salah satunya melalui desain kemasan produk yang dipasarkan. Identitas visual memiliki peran penting dalam usaha UMKM untuk membangung citra usaha yang memudahkan konsumen atau pembeli mengingat <em>brand</em> suatu produk yang mereka minati. Setelah melakukan observasi usaha Kentang Mustafa Dapoer Bunda memiliki kelemahan dalam desain kemasan produk yang tanpak kurang menarik untuk bersaing dengan produk UMKM lainnya. Berdasarkan pada masalah yang telah dipaparkan peneliti akan berfokus pada perancangan ulang (Re-design) identitas visual yaitu bentuk logo dan kemasan terbaru yang lebih menarik sehingga mampu bersaing dipasaran. Pada proses <em>re-design</em> kemasan produk ini, peniliti menggunakan lima proses tahapan <em>Orientation, Analysis, Conception, Design </em>dan<em> Implementation</em>. melalui tahapan proses perancangan ini maka terciptalah sebuah desain kemasan baru yang lebih menarik dan kekinian sehingga mampu bersaing di dunia pasar.</p> Santi Purnama Sari, Nani Hak Cipta (c) 2024 CREATIVA SCIENTIA https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/129 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000