https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/issue/feedCREATIVA SCIENTIA2025-02-28T14:30:53+00:00Open Journal Systems<p>Jurnal karya tulis, kreatif, inovatif, eksperimental, rancangan, dan analisis karya yang lebih mengutamakan semangat kejujuran dalam membuat menulis.</p>https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/167ANALISIS ESTETIKA PADA POSTER FILM ‘THE BIG 4’ DENGAN PENDEKATAN FORMALISTIK, EKSPRESIFISTIK, DAN INSTRUMENTALISTIK2025-02-26T03:12:30+00:00repi justianjustianrepi365@gmail.comAlisa Maretitamaretitaku@gmail.com<p><em>The process of extracting information in the current era of digitalization is very easy to access, one of which is access to information on the latest and old films for the public to watch and see. One information medium that is easily accessible digitally is posters. Posters are a means of information media in terms of advertising media, such as the film The Big 4</em></p> <p><em>by Timo Tjahjanto. Film posters have a very important role in the process of promoting a film. The aim of this research is to identify the visual characteristics of the poster that is made so that it can describe the contents of the entire film and the elements used to make this film interesting to watch just by looking at the poster presented. The research method used in this research is a qualitative descriptive method. This qualitative descriptive method only relies on poster visuals regarding color, layout, typography, photography and illustrations. The theoretical approaches used in this research are formalistic, expressive and instrumentalistic from design principles. The research results show that the use of color, layout, typography, photography and illustrations used in posters really influence the audience because it makes it easier for them to recall the contents of the film just by looking at the poster. The poster designed also looks simple and to the point in conveying the content of the film that will be shown. The elements included successfully convey the genre and theme of the film.</em></p>2025-02-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 CREATIVA SCIENTIAhttps://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/160KREASI DESAIN MOTIF “KELUK PAKU” DALAM PEMBUATAN TAS KULIT2025-02-07T03:11:23+00:00Muhammad Wahyumw3048163@gmail.comHendra Hendradoankhendra7@gmail.comHijratur Rahmihijraturrahmi@isi-padangpanjang.ac.id<p>Motif keluk paku merupakan ragam hias yang berasal dari<br />bentuk tanaman pakis masih muda, yang mempunyai keunikan<br />relung indah sehingga dijadikan motif ragam hias di Kerinci. Proses<br />penciptaan kreasi desain motif keluk paku pada tas kulit ini melalui<br />tiga tahapan metode. Metode ini terdiri dari eksplorasi,<br />perancangan, dan perwujudan. Tahap eksplorasi pengkarya<br />melakukan pengamatan langsung terhadap motif keluk paku serta<br />menggunakan beberapa sumber tulisan sebagai acuan. Selanjutnya<br />tahap perancangan merupakan tahap penerapan ide atau gagasan<br />yang dituangkan dalam bentuk sketsa alternatif lalu menjadi desain<br />terpilih hingga menghasilkan gambar kerja. Kemudian tahap<br />terakhir yaitu perwujudan karya. Tahap perwujudan karya<br />berangkat dari desain dan gambar kerja. Pada tahap ini, pengkarya menggunakan bahan kulit samak nabati dengan teknik pyrography<br />dan tatah timbul dengan terakhir adalah finishing. Finisihing<br />dilakukan dengan mengoleskan clear mink oil kesemua permukaan<br />tas sehingga hasilnya maksimal. Hasil karya yang terdiri dari tas<br />kulit model jinjing yang dihiasi dengan kreasi motif keluk paku. Tas<br />ini didesain sebagai tempat meletakkan peralatan kantor seperti<br />surat – surat, berkas dan laptop. Selain itu, keberadaan tas ini juga<br />mampu sebagai benda pelestarian budaya, yaitu motif keluk paku<br />Kerinci yang saat ini sudah jarang dikenali oleh masyarakat.</p>2025-02-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 CREATIVA SCIENTIAhttps://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/166KAJIAN TIPOGRAFI, RUANG, DAN WARNA DALAM MEMBENTUK ESTETIKA PADA LOGO FEDEX2025-02-27T02:21:38+00:00Fani Puspitasariemail.fanii@gmail.comNahdiyan Raja Diningratrajadiningrat29@gmail.comNahdiyan Raja Diningratrajadiningrat29@gmail.com<p><em>FedEx is a delivery service company that operates in many countries or commonly called multinational. This research aims to examine the elements of typography, space, and color in forming aesthetics in the FedEx logo using descriptive qualitative methods. Data collection is done by making indirect observations through the internet and then studied with Dharsono's aesthetic principles approach through three elements namely typography, space and color. From this principle, space is related to visual gestalt theory which proves that to recognize or “read” an image, a contrast between positive space called figure and negative space called ground is needed. This then forms the perception of a shape or pattern between the letters E and x, namely an arrow that can represent the image of FedEx as a fast delivery service.</em></p>2025-02-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 CREATIVA SCIENTIAhttps://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/168LOGO AQUA DARI PERSPEKTIF ESTETIKA DEWITT H. PARKER 2025-02-27T02:36:22+00:00Nani Dian Sarinanidiansari19@gmail.comMaria Magdalena Daelymariadaely25@gmail.com<p><em>A visual identity can represent an entity through visual communication. Visual communication can be done in various forms, one of which is a logo. A logo becomes a visual identity that can convey the ideas, vision and mission of an entity so that it can be recognized by many people. The AQUA logo is the visual identity of AQUA mineral water that can be recognized and remembered by the wider public. An attractive identity that makes AQUA accepted in society with the right communication approach from the logo. In this research, the method used is a qualitative descriptive method. This research aims to determine the value of beauty conveyed in the AQUA logo using Parker's aesthetic perspective. Based on the research results, it can be concluded that the AQUA logo design meets DeWitt H. Parker's aesthetic principles in creating an effective and easily recognized design. From clear unity, balance, suitability of themes and appropriate levels, every element in the AQUA logo contributes to strengthening the brand message as a fresh, clean and reliable drinking water product.</em></p>2025-02-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 CREATIVA SCIENTIAhttps://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/162KAJIAN ESTETIKA KARYA POSTER PERINGATAN HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA 2024 BERDASARKAN TEORI A.A.M. DJELANTIK2025-02-25T04:42:47+00:00Santi Purnama Sarisantialdar03@gmail.comAnastasya Grace SherlynAnastasyagracesherlyn9@gmail.comAprilianaaprilliana011@gmail.com<p>Media sosial telah berkembang dengan sangat pesat di era<br />digital saat ini, menjadi salah satu sarana utama untuk menyebarkan<br />sebuah informasi. Instagram adalah salah satu media sosial yang<br />paling populer untuk menyebarkan informasi. Banyak lembaga<br />pemerintah, organisasi sosial, bisnis, dan organisasi menggunakan<br />platform ini untuk menyebarkan informasi penting seperti<br />kampanye kesehatan, peringatan hari besar, dan berita terkini.<br />Berbagai macam konten yang diinformasikan kepada khalayak<br />umum melalui instagram salah satunya adalah poster. Poster adalah<br />bagian dari seni dan desain yang berisikan suatu gagasan ide yang<br />dirancang dengan konsep atau tema yang ingin disampaikan. Poster yang menampilkan bentuk visual ilustrasi merupakan salah satu<br />jenis poster yang menggunakan gambar sebagai elemen utama<br />dalam menyampaikan pesan. Poster “Selamat Hari Anti Korupsi<br />Sedunia” yang diposting pada akun instagram Kementerian<br />kesehatan pada tanggal 9 Desember 2024, di latar belakangi oleh<br />meningkatnya kesadaran untuk mengakhiri dampak buruk korupsi<br />serta menumbuhkan kesadaran publik terkait bahaya dari korupsi.<br />Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas elemen<br />estetika dengan metode penelitian kualitatif dengan teori estetika<br />Djelantik, teori ini memandang karya seni berdasarkan tiga aspek<br />utama: wujud atau rupa (appearance), bobot atau isi (content,<br />substance), penampilan atau penyajian (presentation). mencakup<br />aspek wujud, isi, dan makna, serta bagaimana elemen-elemen ini<br />dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat<br />terhadap isu korupsi.</p>2025-02-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 CREATIVA SCIENTIA