Perancangan Motion Graphic Biografi Depati Parbo Kerinci Sebagai Media Informasi Sejarah

Penulis

  • azmanjakardi Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Kata Kunci:

Depati Parbo, Media Informasi, Motion Graphic

Abstrak

Depati parbo adalah salah satu pahlawan yang ada di kabupaten kerinci. Ia merupakan salah satu pejuang kerinci yang mengusir penjajah dan ia juga orang disegani oleh Masyarakat kerinci. Depati parbo Bersama hulubalang mampu memukul mundur pasukan Belanda sekitar tahun 1902 dan menjadi sumber inspirasi bagi Masyarakat kerinci untuk Bersatu dan berjuang dalam mengusir penjajah Belanda. Namun pada saat ini umumnya Masyarakat kerinci tidak mengetahui Sejarah depati parbo, mereka hanya mengetahui nama depati parbo sebagai nama Jalan, nama bandara perintis dan nama perguruan tinggi swasta.

Berdasarkan fenomena yang ada, maka diperlukannya sebuah Upaya untuk menyajikan Kembali Sejarah kepahlawanan depati parbo dalam bentuk media yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman. Salah satu Upaya yang dapat dilakukan adalah melalui media informasi berupa multimedia dalam bentuk animasi, agar Sejarah depati parbo dapat terjaga kelestariannya. Media informasi tidak hanya pada media cetak seperti buku, surat kabar, majalah, akan tetapi sudah dalam bentuk media digital seperti multimedia yaitu animasi.

Perancangan media informasi dalam bentuk multimedia yaitu animasi berupa motion graphic ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi saat ini. Generasi sekarang sangat dekat dengan penggunaan teknologi seperti gadget dan computer. Sejarah depati parbo dalam bentuk multimedia yaitu animasi berupa motion graphic ini menjadi bentuk alternatif baru dalam menyajikan sebuah media informasi.

Unduhan

Diterbitkan

02/29/2024

Cara Mengutip

azmanjakardi. (2024). Perancangan Motion Graphic Biografi Depati Parbo Kerinci Sebagai Media Informasi Sejarah. CREATIVA SCIENTIA, 1(01 (Februari), 65–85. Diambil dari https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/94