Perancangan Promosi “Pempek Legenda”
DOI:
https://doi.org/10.70429/creativascientia.v2i2.224Kata Kunci:
Logo, Brand Identity, PromotionAbstrak
Desain promosi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pempek di
Kota Palembang belum memenuhi visualisasi yang baik dari segi
konsep maupun penerapannya. Sebagian besar pedagang masih
mengelola tampilan secara seadanya, sementara corporate identity
dan visual branding belum dirancang secara optimal. Perancangan
promosi ini juga bertujuan untuk memperkuat citra brand sebagai
penyedia pempek berkualitas tinggi dan autentik pada promosi
pempek legenda, serta menciptakan identitas visual yang kuat yang
dapat membedakan Pempek Legenda dari kompetitor serta
mencerminkan nilai-nilai dan keunikan merek. Metode penelitian
menggunakan research and development dengan pendekatan
deskriptif. Penelitian ini menggunakan model penelitian pra
produksi, proses produksi, dan pasca produksi. Tujuannya untuk merancang logo promosi untuk Pempek Legenda yang memberikan
identitas visual bagi sebuah merek. Teknik perancangan
menggunakan layout, tipografi, dan warna sedangkan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, dokumen, literatur
teori, dan jurnal penelitian. Hasil rancangan pengembangan logo
yang mampu mencerminkan nilai-nilai dan identitas merek secara
akurat, meningkatkan konsistensi visual di seluruh media promosi,
dan memastikan fleksibilitas penggunaan logo. Penelitian ini
menghasilkan identitas visual Pempek Legenda yang dapat
meningkatkan citra merek, konsistensi promosi, serta daya saing
UMKM. Selain itu, penelitian ini juga berkontribusi dalam
mendukung pelestarian kuliner lokal dan pengembangan ekonomi
kreatif di Palembang