Kajian Estetika Pada Desain Kemasan Kopi Bubuk Asli Nur Cahya Since 1943

Kajian Estetika Pada Desain Kemasan Kopi Bubuk Asli Nur Cahya Since 1943

Penulis

  • Repi Justian Universitas Utpadaka Swastika

Kata Kunci:

Original Nur Cahya Coffee Powder, Kerinci, Packaging design, aesthetics

Abstrak

Kopi Nur Kerinci merupakan pelopor produk kopi yang diproduksi secara langsung di Kerinci, mulai dari penanaman bibit biji kopi dilakukan oleh petani lokal hingga proses produksi dan pengolahan dilakukan di Kerinci. Kemasan merupakan perantara yang menghubungkan antara produsen dengan konsumen. Kehadiran elemen visual yang merupakan area terdepan kemasan dikhususkan menempatkan identitas merek dan elemen visual, disusun dengan prinsip desain estetika agar mampu mencapai tujuan komunikasi produk (komunikator) dengan komunikan (konsumen) melalui desain kemasan yang estetis dari setiap elemen visual yang mendasarinya akan menampilkan susuan yang memiliki nilai estetika dari tangan desainer sehingga menarik untuk dilihat dan dipandang. Estetika menurut Djelantik semua benda ataupun peristiwa kesenian mengandung tiga aspek yang mendasar yaitu yang pertama berupa Wujud atau Rupa (Appearance), yang kedua adalah Bobot atau Isi (Content, Substance), dan yang ketiga adalah Penampilan atau Penyajian (Presentation). Penelitian ini tetap didasari dengan melakukan pendekatan dari kualitatif yakni bagaimana proses pengumpulan data dari deskripsi desain kemasan, melakukan analisa data Analisis formal, yaitu Pengumpulan data melalui wawancara bersama informan.

Unduhan

Diterbitkan

08/31/2024

Cara Mengutip

Justian, R. (2024). Kajian Estetika Pada Desain Kemasan Kopi Bubuk Asli Nur Cahya Since 1943: Kajian Estetika Pada Desain Kemasan Kopi Bubuk Asli Nur Cahya Since 1943. CREATIVA SCIENTIA, 1(02 (Agustus), 33–44. Diambil dari https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/126

Terbitan

Bagian

OnlineSubmission