Analisis Kontekstual pada Branding Produk Kewirausahaan(Fashion) Siswa SMA Negeri 1 Padang Panjang
DOI:
https://doi.org/10.70429/creativascientia.v1i2.123Kata Kunci:
product, entrepreneur, brandingAbstrak
Wirausaha atau di kenal juga dengan istilah enterpreneur, merupakan suatu profesi yang menjanjikan. Pemerintah sangat mendukung pembentukan pelaku usaha ini. Berbagai program dilaksanakan agar terbentuknya wirausaha yang berkualitas dan dapat tumbuh di Indonesia. Hal ini juga menjadi upaya pemerintah dalam mengembangkan bakat masyarakat dan menekan angka pengangguran. Program kewirausahaan masuk sekolah, menjadi suatu langkah awal membangun impian tersebut. Melalui program ini siswa diajarkan untuk membangun usaha dari bangku sekolah dengan mengembangkan produk lokal dan mengangkat kearifan lokal daerah setempat, guna meningkatkan kecintaan Siswa pada budaya daerah. Mengembangkan Produk di era digital merupakan suatu tantangan tersendiri yang mesti ditaklukan. Siswa dituntut untuk mampu mengaplikasikan perangkat digital dalam proses pembuatan produk. Siswa juga diajarkan agar dapat melakukan branding produk. Branding produk dilakukan dengan memanfaatkan komunikasi visual yang efektif, menekankan pada penggunaan perangkat lunak untuk mendesain dan flatform digital untuk mempromosikan produk. Sumatera Barat merupakan destinasi wisata yang cukup populer di Indonesia. Destinasi ini akan menarik banyak pengunjung dan pelancong yang akan menghabiskan liburannya di Sumatra barat. Hal ini menjadi peluang bagi Siswa SMA Negeri 1 Padang Panjang, mengangkat suatu produk fashion yang berangkat dari budaya Minangkabau dan Mentawai . Dengan mengusung konsep eco-friendly dan bekerja sama dengan UMKM Lokal. Menghasilkan produk kolaborasi yang Fashionable dengan tetap mempertahankan konsep budaya lokal. Harapannya agar produk dapat bersaing di dalam dan luar negeri.
Kata kunci: Produk, Kewirausahaan, Branding.